Information
Sabtu, 04 April 2015

Pengertian Mail Server dan Web Mail Server

Pengertian Mail Server dan Web Mail Server - Pernah menerima dan mengirim e-mail dengan menggunakan internet, maka hal tersebut merupakan salah satu arti dari Mail Server. mumpung disini saya akan menerangkan apa itu mail server dan web mail server, kemudian bagaimana fungsi dan cara kerja kedua server tersebut.

Pengertian Mail Server

Mail Server atau disebut juga sebagai e-mail server, digunakan untuk mengirimkan surat elektronik melalui media internet. Keberadaan email membuat pekerjaan pengiriman surat jadi lebih cepat dan efisien. Untuk membuat mail server harus terdapat SMPT (Simple mail Transfer Protocol) dan POP (Post office Protocol) yang digunakan untuk mengirim dan menerima surat elektronik.

Cara Kerja Mail Server


Mail Server
Proses Pengiriman Email bisa terjadi karena adanya SMTP (Simple mail Transfer Protocol). setelah dikirim email tersebut akan ditampung sementara di POP (Post office Protocol). Ketika user email akun sedang online, secara otomatis mail client melakukan sinkronisasi dari POP.

Penjabaran Mengenai Mail Server

  • Courier-IMAP
Courier-IMAP merupakan software yang digunakan untuk mengambil email yang ada pada server mail kita. Software ini akan memberikan kita akses pop3 dan imap, protokol ini merupakan protokol server-client yang berguna untuk mengambil email dari server mail kita. courier mendukung mode pop3 dan imap. pada pop3 pengambilan email akan menghilangkan email yang ada pada server, sedangkan pada mode imap pengambilan email tidak akan menghilangkan email pada server.
  • Squirrelmail
Squirrelmail merupakan aplikasi webmail berbasis PHP yang popular. Instalasi dan konfigurasinya cukup mudah serta bisa ditambahkan plugin pendukungnya. Menurut file INSTALL dari distribusi Squirrelmail, software ini membutuhkan php4 yang minimal dikompilasi denga opsi enable-track-var-enable-force-cgi-redirect-with-gettext serta membutuhkan register global=On dan File uploads=On di php.ini (Jika php anda menggunakan default RPM Redhat file php.ini terletak di directory /etc). Download dan ekstrak paket squirrelmail terlebih dahulu kemudian baru di install.

Pengertian Web Mail Server

Web Mail Server adalah sarana yang memungkinkan user dapat mengakses e-mail melalui web
dalam kata lain web mail server adalah interfaces dengan kata lain sebuah e-mail yang berada di dalam web sehingga jika membuka e-mail tersebut kita harus membuka web terlebih dahulu dengan koneksi internet dan ini berbasis web.

Web Mail Server

Macam Macam Web Mail

  • Yahoomail
  • Gmail
  • Hotmail
  • GMXmail
  • Ovimail
  • Royalmail

1 komentar: Add Comments

artikelnya membantu sekali dan menambah wawasan saya
http://blog.binadarma.ac.id/kurniawan

Selamat Seranggaloncat dapat PERTAMAX...! Terimakasih atas Komentarnya.



Konversi KodeOut Of TopicEmoticon

Terima kasih telah berkomentar