Information
Kamis, 02 April 2015

Pengertian dan Fungsi DNS Pada Jaringan Komputer

Pola Gambar DNS

Pengertian dan Fungsi DNS Pada Jaringan Komputer - Dalam dunia nyata tentunya kita akan menemukan beberapa singkatan-singkatan seperti DNS. singkatan dari DNS itu sendiri adalah Domain Name System. pada kesempatan ini blog Pelajarbaruku akan membagikan ilmu kepada anda semua tentang Pengertian, Cara Kerja Serta Fungsi dari DNS.

DNS (Domain Name System) adalah  Distribute Database System yang digunakan untuk pencairan nama komputer di jaringan yang menggunakan TCP/IP, DNS (Domain Name System) juga merupakan sebuah aplikasi servis yang biasa digunakan di jaringan internet untuk menerjemahkan sebuah domain ke ip addres

DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk Internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat surel. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet dimana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6).

Cara Kerja DNS 

DNS bertugas untuk menerjemahkan nama komputer ke bentuk IP address atau memetakan nama komputer menjadi IP Address, Client. DNS disebut resolvers dan DNS Server disebut dengan name servers. Resolver atau client mengirimkan permintaan ke name servers berupa queries.

Name Servers akan memproses dengan cara mengecek ke local database DNS, dan bila mana yang dicari tidak terdapat database, maka name servers tersebut akan menghubungi suatu name servers lain atau akan mengirimkan message failure jika ternyata permintaan dari client tidak ditemukan.

Proses tersebut disebut dengan Forward Lookup Query, yaitu permintaan client diproses dengan cara memetakan nama komputer (host) ke IP Address.

Prinsip Kerja dari DNS

Resolvers mengirimkan queries ke name server dan kemudian name server mencek ke local database, atau menghubungi name server lainnya. Jika ditemukan maka akan diberitahukan resolvers dan jika tidak maka akan mengirimkan failure message, Resolvers menghubungi host yang dituju dengan menggunakan IP Address yang diberikan name server.

Pendukung Kinterja Sistem DNS

1. DNS Resolver, merupakan sebuah program DNS client yang dijalankan pada komputer user dan menghasilkan DNS request untuk keperluan program aplikasi. Resolver adalah bagian dari program aplikasi yang berfungsi untuk menjawab pertanyaan program aplikasi tentang domain.

2. Recursive DNS server, yang akan meneruskan pencarian DNS melalui respons (balasan) query dari resolver, dan mengembalikan jawaban ke resolver.

3. Authoritative DNS server, adalah bagian yang menangani jawaban-jawaban keluar ke query dari recursor, pada tiap-tiap bagian jawaban, atau bagian dari penujukan/penyerahan seperti penyerahan ke authorithative DNS server yang lain.

Cara Melihat DNS Komputer

Untuk melihat DNS (Domain Name System) pada komputer anda caranya cukup mudah, pada bagian koneksi klik kanan kemudian pilih Open Network and Sharing Center -> klik Connection jaringan internet anda dan klik Details, disana anda akan melihat detail DNS komputer anda, lihat gambar dibawah ini klik untuk melihat ukuran penuh.

Cara Melihat DNS Pada Komputer Jaringan

Dari gambar diatas anda dapat melihat Alamat DNS yang digunakan pada komputer tersebut. DNS tersebutlah yang digunakan pada saat komputer merequest sebuah situs di jaringan internet.

Kelebihan DNS

1. Dengan menggunakan DNS akan memberikan kemudahan bagi user karena dengan DNS maka user tidak perlu untuk mengingat IP Address pada sebuah komputer, tapi cukup dengan mengingat komputer host name saja.
2. Konsisten, IP Address sebuah komputer boleh berubah tapi host name yang digunakan tidak boleh berubah.
3. DNS server mudah untuk di konfigurasi oleh Administrator

Kekurangan DNS

1. User tidak dapat menggunakan banyak nama untuk mencari nama domain baik di internet maupun di intranet/
2. DNS tidak mudah untuk di implementasikan.
3. DNS tidak bisa membuat banyak nama domain.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Pengertian dan Fungsi DNS Pada Jaringan Komputer. Semoga mudah dipahami dan bermanfaat buat anda semua



Konversi KodeOut Of TopicEmoticon

Terima kasih telah berkomentar