Information
Minggu, 05 April 2015

Pengertian dan Fungsi Proxy Dalam Jaringan Internet

Pengertian dan Fungsi Proxy Dalam Jaringan Internet

Pengertian dan Fungsi Proxy Dalam Jaringan Internet - Saat ini proxy sudah menjadi hal yang umum bagi pengguna internet, khususnya di indonesia yang jumlah pengguna internet terbanyak didunia. pernah menggunakan layanan Proxy ? atau sudah sering menggunakannya ? Proxy ini adalah salah satu bentuk layanan internet yang memudahkan aktivitas berselancar di dunia maya yang mana sudah menjadi budaya dalam berbagai bidang kehidupan manusia dewasa. lanjut ke materi yaitu Pengertian dan Fungsi Proxy Dalam Jaringan Internet.

Pengertian Proxy

Proxy merupakan sebuah komputer server atau program komputer yang bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request yang diminta oleh client supaya tersambung ke internet. Dengan kata lain proxy dapat dikatakan sebagai gateway yang menjembatani sebuah komputer ke web server.

Web server yang menerima request dari proxy server akan menterjemahkan request-request yang diberikan oleh proxy server tersebut, seolah-olah request tersebut datang secara langsung dari komputer client atau bukan dari proxy server.

Fungsi Proxy Server

fungsinya adalah sebagai penyimpan cache yang direquest oleh komputer client ke internet public, sebagai contoh katakanlah salah satu client pada suatu jaringan membuka website www.facebook.com nah pada proses permintaan tersebut akan melalui proxy terlebih dahulu, lalu proxy tersebut yang bertugas untuk meminta ke internet public, setelah proses transfering dari server facebook.com ke proxy kita maka oleh proxy cache facebook.com tersebut akan di simpan.

Ketika suatu saat ada client yang membutuhkan atau merequest www.facebook.com lagi maka si proxy tidak perlu repot-repot merequest ke server public milik facebook.com karena cache dari www.facebook.com sudah tersimpan di proxy dan dengan cepat proxy memberikan kepada client yang merequest tadi, apabila ada request yang belum tersimpan di proxy maka tugas proxy lah yang merequest ke server public milik www.facebook.com begitu seterusnya.

Data dari cache tersebut akan disimpan ke dalam memori komputer proxy server seperti harddisk komputer, dengan deimikan akan mempermudah dan mempercepat jika data yang sama di request oleh computer client.

Kesimpulannya proxy server bekerja dengan mendengarkan request dari client internal dan mengirim request tersebut ke jaringan eksternal seolah-olah proxy server itu sendiri yang menjadi client. Pada waktu proxy server menerima respon dan server publik, ia memberikan respon tersebut ke client yang asli seolah-olah ia public server. Proxy biasanya menggunakan port 3128 atau 8080

Fungsi Utama Proxy

  • Conecting sharing
Fungsi Proxy disini adalah penghubung atau perantara pengambilan data dari suatu IP dan dihantarkan ke IP lain ataupun ke IP komputer kita.
  • Filtering
Beberapa proxy dilengkapi juga dengan firewall yang mampu memblokir atau menutup alamatnya suatu IP yang tidak diinginkan, sehingga beberapa website tidak bisa diakses dengan menggunakan proxy tersebut.
  • Caching
Artinya menyimpan proxy juga dilengkapi media penyimpanan data suatu website dari query atau permintaan akses pengguna, jadi misalkan permintaan mengkases suatu website bisa lebih cepat apabila sudah terdapat permintaan akses ke suatu website pada pengguna proxy sebelumnya.

Proxy Yang Populer Digunakan

  • Proxy Tranparent
Lebih mengutamakan fungsi sebagai kurir atau perantara pengambilan data. Biasanya proxy Tranparents ini bisa kita gunakan untuk mempercepat akses ke suatu website. Akan tetapi kalau kita menggunakan proxy Transparen ini IP kita tetap bisa terdeteksi atau terbaca pada server IP yang kita akses datanya dengan metode pelacakan IP yang lebih rumit.
  • Proxy Animouse
Dengan Proxy Animouse selain sebagai perantara, proxy ini juga akan memblokir data IP kita sehingga IP sebenarnya kita tidak bisa dibaca oleh server website yang kita ambil atau kita akses datanya, dan yang terbaca pada server website adalah IP Proxy tersebut. Tapi biasanya kecepatan akses lebih lambat dari pada Proxy Transparent.

Keuntunga menggunakan Proxy

  1. Proxy bisa menyembunyikan identitas IP anda.
  2. Mempercepat akses ke suatu website.
  3. Dapat digunakan untuk mengakses suatu website atau IP yang diblokir oleh Penyedia ISP atau Penyedia jaringan Internet tertentu (Dengan Proxy Tertentu )
  4. Proxy dapat digunakan untuk memblokir akses ke suatu IP atau website ( Dengan Proxy tertentu )
  5. Meningkatkan Privacy atau keamanan karena proxy ini akan menfilter cookies yang tidak diinginkan dan tersimpan dalam keadaan ter- encrypsi ( Proxy Tertentu)
Sekian penjelasan secara rinci mengenai Pengeritan Proxy Secara Luas, baca juga Pengertian dan Fungsi DNS Pada Jaringan Komputer.



Konversi KodeOut Of TopicEmoticon

Terima kasih telah berkomentar